4 Fakta Menarik Galileo Galilei

Galileo Galilei merupakan seorang ilmuwan besar dalam bidang matematika, fisika, sains, filsuf, dan astronomi. Ia sangat berkontribusi besar dalam dunia ilmu pengetahuan. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya penemuan dan teori-teorinya digunakan dalam ilmu pengetahuan modern saat ini.
Ia mempelajari semua jenis ilmu serta mengembangkan berbagai teori-teori yang dipelajarinya menjadi sebuah penemuan-penemuan yang menakjubkan. Sehingga tidak aneh kalau Galileo Galilei menjadi sosok yang sangat berpengaruh pada perkembangan dunia sains dan mendapatkan julukan Bapak Sains Modern. .
Ada beberapa hal menarik tentang Galileo Galilei yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi tentang fakta menarik Galileo Galilei sebagai berikut :
1. Tidak Menyelesaikan Kuliahnya

Galileo, yang ayahnya merupakan seorang pemain musik, lahir di Pisa, Italia. Walaupun ayahnya berasal dari keluarga bangsawan, namun mereka tidak kaya. Ketika remaja, Galileo mulai belajar di sebuah biara yang lokasinya dekat di Florence dan dianggap menjadi seorang biarawan. Akan tetapi, sang ayah tidak mendukung putranya itu yang hanya mengejar keagamaan saja dan akhirnya memindahkannya dari sekolah.

Lalu, pada usia 16 tahun, atas desakan sang ayah, Galileo coba mendaftar di Universitas Pisa untuk belajar kedokteran. Akan tetapi, ia justru lebih tertarik pada bidang matematika dan memfokuskannya ke bidang tersebut. Ia memutuskan meninggalkan sekolah pada 1585 tanpa mendapatkan gelar apapun.

Galileo melanjutkan studi matematika sendiri dan mendapatkan penghasilan dengan memberikan pelajaran privat sebelum kembali ke Universitas Pisa pada 1589 untuk mengajar matematika.

2. Anak – Anak Perempuannya Merupakan Biarawati

Perlu diketahui bahwa Galileo Galilei memiliki tiga anak dengan seorang wanita bernama Marina Gamba yang tidak pernah dinikahinya. Kedua putrinya yakni Virginia yang lahir pada tahun 1600, dan Livia yang lahir pada 1601, ia tempatkan di sebuah biara di dekat Florence, pada tahun 1613.

Galileo sangat dekat hubungannya dengan putrinya yang lebih tua, yang kemudian dikenal sebagai Suster Maria Celeste. Dari dalam biara, Suster Maria Celeste selalu membuatkan makanan serta menjahit untuk sang ayah.

Sementara putra Galileo, bernama Vincenzo, lahir pada 1606, belajar kedokteran di Universitas Pisa, lalu menikah dan tinggal di Florence hingga dewasa.

3. Galileo Divonis Hukuman Penjara Seumur Hidup Oleh Inkuisisi Romawi

Teori Copernicus tentang tata surya yang menentang kepercayaan masyarakat luas pada waktu itu, yang menempatkan Bumi sebagai pusat tata surya. Karena dianggap bertentangan dengan ayat-ayat di Alkitab, pada tahun 1616, Gereja Katolik menyatakan teori Copernicus sesat.

Meskipun begitu, Gereja mengizinkan Galileo untuk terus menyelidiki teori-teori Copernicus, asalkan ia tidak meyakini dan membelanya. Kemudian, pada tahun 1632, ia menerbitkan “Dialogue of the Two Principal Systems of the World”.

Walaupun hanya sebatas diskusi antara teman-temannya tentang ide-ide Ptolemy dan Copernicus, buku tersebut dianggap mendukung teori Copernicus.

Namun, hal ini justru berbuntut panjang. Pada tahun berkikutnya Galileo diperintahkan untuk diadili di hadapan Inkuisisi di Roma.

Di dalam pengadilan tersebut, Galileo dinyatakan bersalah karena melakukan hal bidah dan kesesatan. Lalu Galileo dipaksa untuk melakukan pertobatan secara terbuka dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

1. Penemu Pertama Teori Ayunan Periodik Bandul

Teori ini tidak sengaja ditemukan oleh Galileo Galilei saat memperhatikan sebuah lampu gantung dan berayun ketika mengikuti misa di hari Minggu di gereja. Lalu ia kembali ke laboratoriumnya dan melakukan eksperimen ayunan bandul dan menyimpulkan bahwa berapapun panjang ayunan bandul, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ayunan itu adalah sama, kemudia ia memasukkannya dalam rumus sederhana. Selanjutnya, Galileo Galilei menerapkan teori itu ke dalam pembuatan jam dengan menggunakan gelas pasir sebagai pengukur waktu.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.