7 Prosedur Melakukan Medical Check Up di SehatQ

Medical check up ini dapat dilakukan oleh orang yang sehat atau pun sudah memiliki masalah kesehatan tertentu. MCU juga bisa dilakukan sebagai persyaratan administrasi untuk sebuah pekerjaan atau persyaratan agar bisa melakukan tindakan operasi. Berikut ini prosedur dari tindakan MCU.

1.     Persiapan Awal Diri Sendiri

Sebelum Anda melakukan MCU persiapan awal yang diperlukan adalah mencatat keluhan yang pernah dialami diri sendiri terkait kesehatan. Misalnya kebiasaan sakit kepala, gangguan menstruasi bagi wanita, adanya masalah alergi, atau terdapat benjolan di bagian tubuh.

Berbagai keluhan fisik ini perlu Anda catat dan sampaikan nantinya. Ternyata selain itu juga dibutuhkan persiapan tentang berbagai keluhan kesehatan mental seperti Anda yang kesulitan  tidur, memiliki masalah yang memicu stress atau sedih yang berlangsung lama.

Sembari itu Anda juga perlu mencatat riwayat kesehatan yang dimiliki keluarga secara menyeluruh. Informasi keluarga ini akan sangat membantu dokter nantinya melakukan analisa terhadap kondisi kesehatan Anda berisiko mengalami kelainan genetik atau penyakit turunan.

2.     Pencatatan Obat

Prosedur awal yang tak kalah pentingnya Anda diminta untuk mencatat obat apa saja yang pernah dikonsumsi. Baik secara rutin atau pun sekali saja. Informasi obat ini akan membantu dokter untuk mendapatkan hasil MCU yang akurat.

3.     Persiapkan Berkas Medis

Prosedur untuk melakukan medical check up Anda akan diminta untuk mempersiapkan berkas medis. Di antaranya jika pernah melakukan tindakan operasi atau fisioterapi. Berkas tes darah atau urine, berkas USG, biopsi, dan CT scan.

4.     Berpuasa

Saat akan melakukan MCU Anda akan diminta untuk berpuasa minimal 8 jam agar hasil yang keluar nantinya akurat. Pihak tenaga medis akan menanyakannya dan Anda harus mengatakan dengan jujur kapan terakhir kali makan.

5.     Pemeriksaan Fisik

Setelah prosedur di atas selanjutnya Anda akan mendapatkan pemeriksaan fisik yang tujuannya untuk mengetahui adanya gejala dari penyakit tertentu yang terlihat. Anda akan diperiksa oleh dokternya dengan teliti. Selain itu dokter juga akan memeriksa hal umum seperti kemampuan berjalan, berdiri, daya ingat, dan juga kondisi mental Anda.

6.     Pemeriksaan Vital

Selanjutnya tindakan pemeriksaan alat vital untuk mengetahui frekuensi denyut jantung normal atau tidak dengan mendengarkan suara jantung menggunakan stetoskop. Deteksi ada tidaknya gangguan jantung atau masalah jantung lainnya.

Melakukan pemeriksaan tekanan darah dan pengecekkan suhu tubuh. Pemeriksaan alat vital juga dilakukan di paru-paru untuk mengetahui pernapasan Anda normal atau tidak. Pemeriksaan kepala dan leher dengan mencari tahu kondisi tenggorokan, telinga, hidung, tiroid, limpa, dan pembuluh darah.

Tak hanya itu bagian perut juga diperiksa untuk mengetahui kondisi hati dan cairan di dalam perut, mengetahui kondisi kesehatan usus dan nyeri di perut ada atau tidak saat ditekan. Selain itu, pemeriksaan pada saraf juga dilakukan untuk mengetahui kekuatan otot dan status mental Anda.

7.     Pemeriksaan Laboratorium

Prosedur selanjutnya adalah pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar gula di dalam tubuh dan kolesterol. Sampel akan diambil dari tubuh Anda berupa darah, urin, atau feses sesuai dengan kebutuhan pemeriksaan. Anda bisa menanyakannya saat pemeriksaan apa saja yang akan dilakukan saat pengambilan sampel agar lebih yakin dan siap dengan hasilnya nanti.

Medical check up bisa Anda lakukan kapan saja diinginkan untuk lebih waspada dengan kondisi kesehatan. Tinggal memilih rumah sakit mana untuk melakukan MCU yang tersedia di SehatQ. Ada banyak sekali pilihannya dengan kualitas yang dijamin terbaik. Anda tinggal melihat berapa bintang dari rumah sakit tersebut untuk mengetahui kualitas promo kesehatan.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.