Perkembangan Startup Berbasis Fintech Dan Manfaatnya

Teknologi dalam bidang ekonomi atau keuangan terus mengalami kemajuan. Dahulu, apabila ingin bertransaksi harus datang Bank ataupun ATM yang tentunya membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga. Namun sekarang hampir semua jenis transaksi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone, seperti misalnya transaksi online, mengecek bunga deposito hingga melakukan tranfer dengan berbagai aplikasi mobile banking. Yang saat ini sedang populer adalah fintech atau financial technology. Cukup banyak startup yang menggunakan financial technology ketika berurusan dengan transaksi melalui bank. Jadi bisa disebut juga bahwa financial technology merupakan gabungan antara sistem keuangan dengan teknologi.

Memang belum ada pengertian fintech yang baku, akan tetapi menurut NDRC atau National Digital Research Centre, financial technology merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan inovasi yang dilakukan di bidang keuangan atau finansial. Istilah ini juga bisa diartikan sebagai inovasi finansial yang memiliki teknologi modern dan menjadi segmen tersendiri di dunia startup.

Tujuan dari financial technology adalah untuk membantu memaksimalkan penggunaan teknologi, mempercepat berbagai pelayanan keuangan dan juga membuatnya menjadi lebih efisien. Misalnya seperti perubahan dalam metode pembayaran, pengumpulan dana, transfer dana, pinjaman dana hingga pengelolaan aset dapat dipersingkat dan dipermudah dengan adanya teknologi. Nah, dari hal ini maka sangat wajar apabila financial technology tumbuh sangat cepat dan menjadi kebutuhan hingga akhirnya dapat mengubah gaya hidup.

Saat ini sudah banyak sekali startup bermunculan yang menciptakan berbagai produk inovasi dalam bidang financial technology, yang tentunya juga sudah terdaftar sebagai fintech OJK alias sudah legal. Perusahaan-perusahaan seperti ini banyak tumbuh di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Berikut adalah manfaat dari perkembangan-perkembangan startup berbasis financial technology yang ada di Indonesia:

  • Meningkatkan taraf hidup

Tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan semata, perusahaan-perusahaan startup berbasis fintech juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Contohnya saja startup yang membuat inovasi dengan menghadirkan merchant. Merchant tersebut dapat menerima pembayaran dengan debit maupun kredit dengan biaya yang relatif rendah. Atau startup yang mampu membangun infrastruktur perbankan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Bisa dibilang financial technology memiliki peranan yang sangat besar dalam pengentasan kemiskinan.

  • Mengurangi pinjaman dengan bunga tinggi

UMKM tentunya sangat kesulitan apabila harus meminjam modal melalui bank, karena bunga yang diberikan cukup memberatkan. Dengan adanya startup berbasis financial technology, terutama yang fokus dalam peminjaman uang sangat membantu UMKM, karena beban bunga yang diberikan lebih rendah daripada bank.

  • Mendorong perekonomian

Kemudahan dalam sistem pembayaran membuat daya beli masyarakat meningkat. Secara tidak langsung hal tersebut juga mendorong perekonomian negara karena roda ekonomi terus berputar. Bayangkan saja bila sistem pembayaran seperti 10 tahun yang lalu, tentunya daya beli masyarakat tidak akan setinggi sekarang.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *