Tips Beli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Kendaraan second seringkali memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki harga yang terjangkau. Meningkatkan harga motor saat ini membuat banyak orang lebih memilih untuk beli motor yang bekas daripada baru. Namun sebelum membeli barang bekas, Anda harus memahami seluruh komponen dengan baik agar tidak tertipu.

Perhitungkan juga biaya balik nama motor yang akan dibebankan kepada Anda sebagai pembeli. Jika Anda ingin memiliki motor atas nama sendiri maka harus mengurus balik nama. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih mudah untuk mengurus berbagai hal dan juga berkas yang berkaitan dengan motor. Dibutuhkan dokumen asli pemilik untuk bisa mengurus berbagai surat kendaraan dengan baik.

Berikut beberapa tips jitu untuk mendapatkan motor bekas yang berkualitas

Kondisi setiap motor bekas tentu akan berbeda-beda tergantung dari orang yang memakainya. Biasanya ketika menjual motor, orang tidak akan menjabarkan kondisinya secara detail karena hal tersebut bisa menurunkan harga jual motor tersebut. Namun hal ini tentu bisa merugikan pembeli karena tidak mengetahui kondisi sebenarnya.

Jika kondisinya buruk, maka bisa saja menyebabkan banyak kerugian ketika dipakai atau bisa saja berbahaya untuk pengguna. Untuk itu jangan sampai tertipu ketika membeli motor bekas. Berikut akan diulas beberapa tips untuk menjadi bahan acuan ketika ingin membeli motor bekas. Meskipun harganya lebih murah, jangan sampai Anda mendapatkan barang yang murahan.

  • Ketahui harga pasaran motor

Sebelum membeli sebuah motor, pastikan Anda mengetahui pasaran harganya. Pilihlah motor yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Lakukanlah survei melalui internet maupun menghubungi langsung pihak penjual motor bekas. Usahakan beli motor bekas langsung dari tangan pertama saja agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Lakukan pengecekan secara menyeluruh pada kondisi motor

Sebelum membeli motor bekas, pastikan Anda mengecek seluruh kondisinya dengan baik. Pastikan apakah rem masih berfungsi, keadaan lampu, stang, oli dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui kondisi motor dengan pasti. Jika motor sering diservis maka kondisi mesin pun akan berkualitas. Hal ini tentu akan mempengaruhi performa motor.

  • Lakukan test drive

Untuk memastikan motor tersebut masih enak dipakai Anda bisa meminta izin pada pemilik untuk melakukan test drive.Anda bisa menggunakan motor untuk beberapa saat. Dengan mengendarainya secara langsung maka Anda bisa merasakan apakah motor tersebut cocok atau tidak untuk Anda.

  • Perhatikan body motor, apakah ada bekas kecelakaan atau tidak

Penampilan tentu menjadi pertimbangan orang ketika membeli sebuah motor. Perhatikanlah apakah terdapat bekas kecelakaan atau tidak. Jika tidak ada maka Anda bisa menyatakan bahwa motor tersebut mulus. Namun jika terdapat bekas kecelakaan maka bisa saja performa motor juga sudah menurun.

  • Periksa kelengkapan surat

Motor juga dijadikan sebagai aset, untuk itu membutuhkan surat-surat yang lengkap dan resmi untuk mengetahui hak kepemilikan. Pastikan nama pada BPKB sesuai dengan nama pemilik motor. Selain itu pastikan nama di STNK dan BPKB sama. Jangan lupa untuk perhatikan juga apakah pajak kendaraan nyala atau mati.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan agar tidak salah beli motor. Jangan sampai Anda merasa digunakan karena ingin membeli barang yang murah. Dengan memperhatikan beberapa tips tersebut maka Anda bisa mendapatkan motor yang berkualitas dan ramah kantong. Keinginan Anda untuk memiliki motor juga bisa berjalan dengan lancar.

Dengan kondisi motor masih sangat prima dan terjaga, maka Anda bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang cukup lama.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *