Pengertian dan Manfaat Dari Surat Perjanjian Surat Jual Beli Rumah

Baik saat menjual maupun membeli suatu barang berharga, wajib ada surat perjanjian jual beli. Surat ini sangat penting, karena jika tidak barang berharga seperti rumah yang anda jual atau beli itu bisa memberikan masalah bagi anda. Apalagi sekarang ini, dimana serba canggih dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja mencari celah memanfaatkan kelengahan anda.

Pengertian Surat Perjanjian Jual Beli dan Akta Jual Beli

Sebelum membahas tentang manfaat surat perjanjian jual beli rumah, ketahui dulu pengertiannya. Surat perjanjian jual beli (SPJB) rumah adalah surat perjanjian yang dapat menjamin kepastian adanya transaksi penjualan (pembayaran) dan pembelian (penyerahan) beserta nilai dari rumah tersebut. Jadi, dalam surat tersebut berisi perjanjian jika rumah tersebut sudah diserahkan kepada pembeli dan harga yang telah disepakati.

Pengertian dan Manfaat Dari Surat Perjanjian Surat Jual Beli Rumah

Selain SPJB, ada pula AJB juga termasuk dokumen yang perlu anda perhatikan saat membeli rumah. AJB (Akta Jual Beli) rumah adalah dokumen otentik yang dibuat oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) atas peralihan hak atas tanah beserta bangunan. Tentang pembuatan AJB ini diatur dalam Perkaban (Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional) No. 8 Th. 2012 tentang Pendaftaran Tanah. Kalau dilihat dari pengertiannya SPJB hampir sama dengan AJB.

Perbedaan Surat Perjanjian Jual Beli dengan Akta Jual Beli

Meskipun kelihatannya sama, tapi kedua dokumen tersebut mempunyai sifat berbeda di depan hukum. Nah, berikut ini adalah perbedaan antara surat perjanjian jual beli dengan akta jual beli :
SPJB adalah dokumen non otentik karena hanya melibatkan antara si penjual dan si pembeli rumah. Dalam SPJB, tidak melibatkan peran notaris atau PPAT. Sedangkan AJB merupakan dokumen otentik yang diterbitkan oleh notaris atau PPAT. Di dalamnya berisi perjanjian termasuk sistem pembayaran. Sehingga, kalau pembeli tidak menepati perjanjian itu, akan diproses secara hukum. Setelah membahas perbedaannya, selanjutnya kita bahas manfaat keduanya. Meskipun berbeda, keduanya mempunyai manfaat yang sama.

Manfaat Surat Perjanjian Jual Beli dan Akta Jual Beli

Seperti dilansir dari artikel.rumah123.com berikut ini manfaat dan fungsi adanya surat perjanjian jual beli dan akta jual beli adalah :

  • Agar kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli rumah memenuhi kewajiban dan mendapatkan haknya sesuai kesepakatan bersama.
  • Bukti jika telah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak pada transaksi jual beli rumah.
  • Dapat menjadi bukti jika salah satu dari pihak bersangkutan melanggar perjanjian yang sudah disepakati. Jadi, bisa sebagai bukti jika kasus pelanggaran itu diajukan ke jalur hukum.
  • Terbitnya surat perjanjian jual beli, bisa sebagai bukti bahwa si pembeli serius membeli rumah tersebut.

Lantas mana yang paling penting? SPJB atau AJB?

Mungkin anda bingung mana yang penting harus anda miliki ketika membeli rumah. Setelah membaca ulasan di atas, anda pasti sudah tahu jika kedua dokumen tersebut sama pentingnya. Salah satu menjadi bukti perjanjian pribadi antara anda dengan penjual, sedangkan lainnya menjadi bukti syah kepemilikan atau penyerahan barang ke tangan anda di mata hukum.

Dengan mempunyai kedua dokumen itu, anda bisa mencegah kemungkinan terburuk yang terjadi. Andapun bisa merasa lebih nyaman dan tidak khawatir saat membeli rumah. Sebaiknya, anda mulai mempersiapkan pembuatan kedua dokumen tersebut dengan membicarakannya dengan penjual. Jangan sampai lupa salah satunya, pastikan anda memilih saksi dan notaris atau PPAT terpercaya pula.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *